Seo Services
Seo Services

Berkaca dari Effendi Simbolon Pengamat sebut Dukungan Kader PDIP untuk Ganjar Pranowo Tidak Bulat

Berkaca dari Effendi Simbolon Pengamat sebut Dukungan Kader PDIP untuk Ganjar Pranowo Tidak Bulat - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berkaca dari Effendi Simbolon Pengamat sebut Dukungan Kader PDIP untuk Ganjar Pranowo Tidak Bulat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Feed Media ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Berkaca dari Effendi Simbolon Pengamat sebut Dukungan Kader PDIP untuk Ganjar Pranowo Tidak Bulat
link : Berkaca dari Effendi Simbolon Pengamat sebut Dukungan Kader PDIP untuk Ganjar Pranowo Tidak Bulat

Baca juga


Berkaca dari Effendi Simbolon Pengamat sebut Dukungan Kader PDIP untuk Ganjar Pranowo Tidak Bulat

July 10, 2023 at 09:53AM Feed Digital:

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus Senior PDI Perjuangan (PDIP) Effendi Simbolon, memberi sinyal mendukung pencapresan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga berpendapat, hal tersebut menunjukkan tidak seluruh kader banteng moncong putih itu solid mendukung keputusan PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo capres.

"Sinyal itu mengindikasikan di internal PDIP tidak bulat mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres pada pilpres 2024," kata Jamiluddin kepada wartawan Senin (10/7/2023).

"Hanya saja, tidak semua kader PDIP berani terbuka menyampaikan hal tersebut. Sebagian kader PDIP lebih banyak diam sehingga tidak terungkap sikap sebenarnya," lanjutnya.

Jamiluddin mencontohkan sikap yang sama bisa saja mengemuka dari kelompok Dewan Kolonel yang sudah dibubarkan.

Adapun Dewan Kolonel ini merupakan para anggota DPR RI dari PDIP yang sejak awal menginginkan Puan Maharani sebagai capres.

Menurut Jamiluddin, diantara mereka berpeluang besar tidak menghendaki Ganjar sebagai capres.

"Para pendukung Puan di akar rumput juga bisa saja tidak menghendaki Ganjar. Mereka ini berpeluang golput atau mengalihkan pilihannya ke capres lainnya," ujarnya.

Baca juga: Prabowo Subianto Sebut Effendi Simbolon Paling Galak dan Kritis: Itu Wakil Rakyat yang Benar

Untuk diketahui, atas sikap Effendi Simbolon itu, DPP PDIP berencana memanggil anggota Komisi I DPR RI itu untuk dimintai klarifikasi.

Menurut Jamiluddin, hal itu akan berdampak pada dinamika internal partai, apalagi jika Effendi Simbolon dikenakan sanksi oleh PDIP.

"Memanggil Effendi Simbolon, apalagi memberi sanksi hanya karena memberi sinyal mendukung Prabowo, tentu hanya akan menimbulkan reaksi dari pendukung Puan," ujarnya.

"Bahayanya kalau reaksi itu dinyatakan dalam diam seribu bahasa sehingga sulit dipantau petinggi PDIP," tandasnya.

Sebelumnya, DPP PDI Perjuangan (PDIP) bakal memanggil Politisi Senior Effendi Simbolon untuk dimintai klarifikasi soal peryataannya yang memberi sinyal dukungan untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, bahwa Ketua DPP bidang Kehormatan Komarudin Watubun akan memintai klarifikasi kepada Effendi Simbolon.

Adblock test (Why?)



Tribunnews.com


Demikianlah Artikel Berkaca dari Effendi Simbolon Pengamat sebut Dukungan Kader PDIP untuk Ganjar Pranowo Tidak Bulat

Sekianlah artikel Berkaca dari Effendi Simbolon Pengamat sebut Dukungan Kader PDIP untuk Ganjar Pranowo Tidak Bulat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Berkaca dari Effendi Simbolon Pengamat sebut Dukungan Kader PDIP untuk Ganjar Pranowo Tidak Bulat dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2023/07/berkaca-dari-effendi-simbolon-pengamat.html
Berkaca dari Effendi Simbolon Pengamat sebut Dukungan Kader PDIP untuk Ganjar Pranowo Tidak Bulat Berkaca dari Effendi Simbolon Pengamat sebut Dukungan Kader PDIP untuk Ganjar Pranowo Tidak Bulat Reviewed by eela on July 09, 2023 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.