Seo Services
Seo Services

Syarat baru membuat SIM pengamat: 'Berantas praktik calo terlebih dahulu'

Syarat baru membuat SIM pengamat: 'Berantas praktik calo terlebih dahulu' - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Syarat baru membuat SIM pengamat: 'Berantas praktik calo terlebih dahulu', kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Feed Media ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Syarat baru membuat SIM pengamat: 'Berantas praktik calo terlebih dahulu'
link : Syarat baru membuat SIM pengamat: 'Berantas praktik calo terlebih dahulu'

Baca juga


Syarat baru membuat SIM pengamat: 'Berantas praktik calo terlebih dahulu'

June 24, 2023 at 11:45AM Feed Digital:

Kepolisian Republik Indonesia akan mengeluarkan aturan teknis yang mewajibkan setiap pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) melampirkan fotokopi sertifikat pendidikan dan pelatihan mengemudi.

Meskipun belum benar-benar berlaku karena aturan turunan sedang disiapkan, regulasi ini telah menuai reaksi dari masyarakat. Berikut hal-hal yang sejauh ini diketahui tentang syarat baru membuat SIM.

Apa saja syarat baru membuat SIM?

"Melampirkan fotokopi sertifikat pendidikan dan pelatihan mengemudi dengan memperlihatkan yang aslinya."

Begitu bunyi salah satu pasal di Peraturan Polri No.2/2023 yang ditandatangani Kapolri Listyo Sigit Prabowo pada Februari lalu.

Dalam pasal lainnya, bagi pemohon SIM yang tidak ikut pendidikan dan pelatihan mengemudi alias otodidak maka syaratnya:

"Melampirkan surat hasil verifikasi kompetensi mengemudi yang diterbitkan oleh sekolah mengemudi yang terakreditasi."

Mengapa syaratnya baru muncul sekarang?

Syarat ini tidak muncul tiba-tiba.

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Nurul Azizah dalam keterangan persnya mengatakan syarat sertifikat pembuatan SIM sudah ada dalam aturan-aturan sebelumnya, seperti Peraturan Kapolri No.9/2012 dan Peraturan Polri No.5/2021.

Namun, dua itu belum mengatur lebih rinci, sebagaimana regulasi yang terbaru Peraturan Polri No.2/2023. Dalam aturan terakhir ini dijelaskan lebih rinci seperti ketentuan badan hukum lembaga pemberi sertifikat sampai syarat instrukturnya.

Baca juga:

Selain itu, syarat sertifikat latihan dan pendidikan ditujukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang disebut "upaya nyata Polri meningkatkan kualitas pengemudi di Indonesia".

"Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi kamseltibcarlantas [Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas] menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang besar antara pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dengan kemampuan berkendara, wawasan pengetahuan, serta etika berlalu lintas individu yang terlibat," jelas Nurul.

Berdasarkan data Korlantas yang dirilis Badan Pusat Statistik, setidaknya tiga orang meninggal dunia setiap jam karena kecelakaan lalu lintas. Setiap hari rata-rata terjadi 284 kecelakaan lalu lintas dan lebih dari 90% kecelakaan terjadi di atas aspal yang mulus.

Apakah berlaku untuk SIM C sepeda motor?

Adblock test (Why?)



Tribunnews.com


Demikianlah Artikel Syarat baru membuat SIM pengamat: 'Berantas praktik calo terlebih dahulu'

Sekianlah artikel Syarat baru membuat SIM pengamat: 'Berantas praktik calo terlebih dahulu' kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Syarat baru membuat SIM pengamat: 'Berantas praktik calo terlebih dahulu' dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2023/06/syarat-baru-membuat-sim-pengamat.html
Syarat baru membuat SIM pengamat: 'Berantas praktik calo terlebih dahulu' Syarat baru membuat SIM pengamat: 'Berantas praktik calo terlebih dahulu' Reviewed by eela on June 23, 2023 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.