Seo Services
Seo Services

Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Pranowo Turun, Tapi Tetap Unggul dari Prabowo dan Anies - Nasional Tempo

Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Pranowo Turun, Tapi Tetap Unggul dari Prabowo dan Anies - Nasional Tempo - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Pranowo Turun, Tapi Tetap Unggul dari Prabowo dan Anies - Nasional Tempo, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel populer - Google Berita ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Pranowo Turun, Tapi Tetap Unggul dari Prabowo dan Anies - Nasional Tempo
link : Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Pranowo Turun, Tapi Tetap Unggul dari Prabowo dan Anies - Nasional Tempo

Baca juga


Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Pranowo Turun, Tapi Tetap Unggul dari Prabowo dan Anies - Nasional Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan tren penurunan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Meskipun demikian, calon presiden yang baru dideklarasikan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu tetap unggul atas dua pesaing terberatnya, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

Direktur IPI, Burhanuddin Muhtadi, dalam pemaparan hasil survei terbaru hari ini, Ahad, 30 April 2023, menyatakan nama Ganjar, Prabowo dan Anies masih menjadi tiga pilihan teratas masyarakat dalam berbagai simulasi. 

Dalam simulasi 35 nama semi terbuka misalnya, Ganjar mendapatkan elektabilitas sebesar 27,5 persen. 

“Unggul tipis dari posisi kedua Prabowo Subianto dengan 25,1 persen dan unggul signifikan dari Anies Baswedan di posisi ketiga dengan 18,8 persen,” ujarnya pada Ahad 30 April 2023.

Survei ini dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 11-17 April 2023. Mereka melakukan wawancara tatap muka terhadap 1.220 responden berusia lebih dari 17 tahun yang dipilih melalui metode acak bertahap atau multistage random sampling. 

Indikator mengklaim survei ini memiliki toleransi sebesar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Elektabilitas Ganjar dan Anies Turun, Prabowo Naik

Elektabilitas Ganjar, berdasarkan simulasi yang sama, menurut Burhanuddin sebetulnya mengalami penurunan dari bulan Maret 2023 lalu yang mencapai 30,8 persen. Dia menduga penurunan tersebut disebabkan oleh insiden pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, Burhanuddin mengatakan elektabilitas Prabowo Subianto menunjukkan tren positif dibandingkan Maret lalu yang hanya 21,7 persen. Meski begitu, kata dia, kenaikan elektabilitas tersebut belum bisa mengungguli milik Ganjar Pranowo.

Sementara Anies Baswedan, Burhanuddin mengatakan, mengalami penurunan sejak Februari lalu. Pada Februari mantan Gubernur DKI Jakarta itu memiliki elektabilitas sebesar 23 persen dan turun menjadi 21,7 persen pada Maret 2023.

Burhanuddin menduga penurunan elektabilitas Anies tersebut beriringan dengan meningkatnya tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi.

Hasil simulasi tiga nama

Dalam simulasi tiga nama pun Ganjar Pranowo unggul. Survei tersebut menunjukkan Ganjar mendapatkan elektabilitas sebesar 34 persen, unggul dari Prabowo Subianto yang mengantongi 31,7 persen suara. Anies Baswedan berada di posisi ketiga dengan 25,2 persen. Sementara 9,1 persen masyarakat masih belum menentukan pilihannya atau tidak menjawab.

Dengan hasil seperti itu, Burhanuddin menilai Pilpres 2024 berpotensi berlangsung dalam dua putaran. Dia juga menilai masih ada waktu bagi Anies untuk mengejar ketertinggalan dari Ganjar dan Prabowo.  

"Artinya tiga nama ini tidak ada yang menang dalam satu putaran. Apakah mas Anies tren penurunannya itu membuat kansnya hilang? belum tentu. Kita harus menunggu lebih sabar karena masih ada 10 bulan ke depan,” ujar dia.

Korelasi tingkat kepuasan terhadap Jokowi dengan elektabilitas masing-masing Capres

Burhanuddin mengatakan elektabilitas Anies Baswedan cenderung mengalami kenaikan apabila tingkat kepuasan masyarakat menurun terhadap pemerintahan Jokowi. Ia juga menambahkan hal itu berpengaruh sebaliknya.

"Polanya semua konsisten ya, Ganjar turun, Anies Turun, Prabowo naik. Pola evaluasi atas kinerja presiden lebih mirip dengan pola dukungan Ganjar hingga Maret 2023. Berkebalikan dengan pola dukungan Anies, dan dalam dua bulan terakhir pola dukungan Prabowo cenderung mengikuti pola kepuasan atas kinerja presiden," ujar dia.

Ganjar Pranowo saat ini telah mendapatkan total dua partai politik di parlemen untuk maju pada Pilpres 2024. Selain PDIP, Ganjar juga mendapatkan dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kedua partai itu menggelar pertemuan pada hari ini. 

Adblock test (Why?)



Artikel populer - Google Berita


Demikianlah Artikel Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Pranowo Turun, Tapi Tetap Unggul dari Prabowo dan Anies - Nasional Tempo

Sekianlah artikel Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Pranowo Turun, Tapi Tetap Unggul dari Prabowo dan Anies - Nasional Tempo kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Pranowo Turun, Tapi Tetap Unggul dari Prabowo dan Anies - Nasional Tempo dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2023/04/survei-indikator-elektabilitas-ganjar.html
Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Pranowo Turun, Tapi Tetap Unggul dari Prabowo dan Anies - Nasional Tempo Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Pranowo Turun, Tapi Tetap Unggul dari Prabowo dan Anies - Nasional Tempo Reviewed by eela on April 30, 2023 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.