Seo Services
Seo Services

Presiden Konfederasi Sarbumusi: Kesejahteraan Buruh harus Jadi Pilar Pembangunan Ekonomi Nasional

Presiden Konfederasi Sarbumusi: Kesejahteraan Buruh harus Jadi Pilar Pembangunan Ekonomi Nasional - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Presiden Konfederasi Sarbumusi: Kesejahteraan Buruh harus Jadi Pilar Pembangunan Ekonomi Nasional, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Feed Media ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Presiden Konfederasi Sarbumusi: Kesejahteraan Buruh harus Jadi Pilar Pembangunan Ekonomi Nasional
link : Presiden Konfederasi Sarbumusi: Kesejahteraan Buruh harus Jadi Pilar Pembangunan Ekonomi Nasional

Baca juga


Presiden Konfederasi Sarbumusi: Kesejahteraan Buruh harus Jadi Pilar Pembangunan Ekonomi Nasional

May 01, 2023 at 09:53AM Feed Digital:

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Konfederasi Sarbumusi  yang merupakan sarikat buruh Nahdlatul Ulama (NU) menginginkan kesejahteraan buruh harus menjadi pilar dalam pembangunan ekonomi nasional. Hal tersebut dalam rangka menyambut Hari Buruh Sedunia.

Presiden Konfederasi Sarbumusi, Irham Ali Saifuddin mengatakan seiring dengan pemulihan perekonomian nasional yang sempat mengalami kontraksi hingga -2,07 persen pada tahun 2020, dan kini telah tumbuh hingga 5,31 persen, pemerintah harus memberikan perhatian khusus kepada kelompok pekerja di Indonesia.

"Pemerintah dan semua pihak hendaknya menjadikan buruh sebagai salah satu pilar utama dari agenda kebangkitan perekonomian nasional," kata Irham dalam keterangan yang diterima, Senin (1/5/2023).

Baca juga: May Day 2023, Bakal Ada Deklarasi Kecil dan Capres 2024 dari Partai Buruh?

Menurut Irham, inklusi kesejahteraan buruh harus menjadi tumpuan orientasi utama bagi negara dalam membuat kebijakan pembangunan ekonomi nasional.

"Konfederasi SARBUMUSI menolak segala upaya dan kebijakan apapun yang bertolak belakang dari hal tersebut, termasuk UU Nomor 6 tahun 2023, Permenaker Nomor 5 tahun 2023 dan RUU Kesehatan," kata Irham

Selanjutnya, Irham juga menuntut kepada pemerintah untuk memperkuat perlindungan buruh rentan agar terlindungi.

"Penguatan pekerja rentan seperti buruh migran, pekerja rumah tangga, buruh informal dan anak buah kapal (ABK) melalui penguatan instrumen kebijakan yang inklusif dan protektif, seperti pengesahan RUU Pekerja Rumah Tangga, ratifikasi Konvensi ILO No 189 tentang Pekerja Rumah Tangga, ratifikasi konvensi ILO No 188 tentang Pekerjaan dalam Penangkapan Ikan, serta perluasan jaminan sosial universal bagi buruh rentan," kata dia

Baca juga: Hari ini 50.000 Buruh Kepung Istana Negara, MK dan May Day Fiesta di Istora Senayan

Selain itu, Irham juga meminta pemerintah untuk segera mempersiapkan peta jalan dan strategi nasional bagi penguatan keterampilan buruh (national workers' skills development roadmap and strategy), terutama untuk menjawab tuntutan dunia kerja yang terus berubah di masa depan (future of work) dan memperkuat program kebijakan yang adaptif terhadap persoalan-persoalan dunia kerja di masa depan.

"Hal yang dapat dilakukan salah satunya adalah melalui alokasi APBN untuk agenda pembangunan ketrampilan buruh nasional. Hal ini teramat penting mengingat pertumbuhan angkatan kerja nasional tumbuh hingga 2 kali lipat dari penyerapan tenaga kerja di sektor formal setiap tahunnya. Agenda keterampilan nasional akan menghindarkan kaum buruh dari prekariasi dan marjinalisasi yang lebih jauh dari agenda ekonomi nasional," ujarnya Irham.

Lebih lanjut, Irham juga menuntut pemerintah untuk melakukan penguatan perlindungan buruh dari kekerasan dan pelecehan di tempat kerja,

"Termasuk di sektor-sektor padat karya seperti tekstil, dan garmen, serta sektor kelapa sawit yang menaungi jutaan buruh, melalui ratifikasi Konvensi ILO No 190 tentang Kekerasan dan Pelecehan di Tempat Kerja," pungkasnya.

Adblock test (Why?)



Tribunnews.com


Demikianlah Artikel Presiden Konfederasi Sarbumusi: Kesejahteraan Buruh harus Jadi Pilar Pembangunan Ekonomi Nasional

Sekianlah artikel Presiden Konfederasi Sarbumusi: Kesejahteraan Buruh harus Jadi Pilar Pembangunan Ekonomi Nasional kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Presiden Konfederasi Sarbumusi: Kesejahteraan Buruh harus Jadi Pilar Pembangunan Ekonomi Nasional dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2023/04/presiden-konfederasi-sarbumusi.html
Presiden Konfederasi Sarbumusi: Kesejahteraan Buruh harus Jadi Pilar Pembangunan Ekonomi Nasional Presiden Konfederasi Sarbumusi: Kesejahteraan Buruh harus Jadi Pilar Pembangunan Ekonomi Nasional Reviewed by eela on April 30, 2023 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.