Seo Services
Seo Services

Wisata ke Gundukan Pasir Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu di Kota Batam - Travel Tempo.co

Wisata ke Gundukan Pasir Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu di Kota Batam - Travel Tempo.co - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Wisata ke Gundukan Pasir Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu di Kota Batam - Travel Tempo.co, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Wisata ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Wisata ke Gundukan Pasir Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu di Kota Batam - Travel Tempo.co
link : Wisata ke Gundukan Pasir Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu di Kota Batam - Travel Tempo.co

Baca juga


Wisata ke Gundukan Pasir Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu di Kota Batam - Travel Tempo.co

TEMPO.CO, Batam - Kota Batam di Provinsi Kepulauan Riau memiliki salah satu destinasi wisata yang unik, yakni hutan mangrove dengan gundukan pasir di dalamnya. Destinasi ini bernama wisata mangrove Pandang Tak Jemu yang terletak di Kampung Tua Bakau Serip, Nongsa, Kota Batam. Butuh satu jam perjalanan dari pusat Kota Batam untuk tiba di hutan mangrove ini.

Destinasi wisata mangrove Pandang Tak Jemu sempat tutup total sejak pandemi Covid-19 merebak pada Maret hingga Juli 2020. Destinasi wisata ini kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum masuk ke area wisata, petugas memastikan wisatawan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjalani pemeriksaan suhu tubuh.

Saat melewati gerbang utama wisata mangrove Pandang Tak Jemu, wisatawan akan melihat pohon kelapa yang tinggi menjulang. Di bagian kanan terdapat dereran ruko tempat pedagang menjual oleh-oleh dan kerajinan masyarakat setempat.

Destinasi wisata mangrove Pandang Tak Jemu di Kampung Tua Bakau Serip, Nongsa, Kota Batam. TEMPO | Yogi Eka Sahputra

Masuk lebih dalam, wisatawan akan mulai menjelajah hutan mangrove Pandang Tak Jemu ini. Di tengah hutan mangrove terdapat jembatan kayu berukuran setengah meter. Dari jembatan itu pengunjung berkeliling hutan mangrove sambil berfoto.

Pada beberapa sisi terdapat pondok kayu yang disediakan sebagai spot foto para pengunjung. Setelah jembatan kecil membelah hutan mangrove dengan luas sekitar satu hektar lebih itu, wisatawan akan mendapati tumpukan pasir di tengah mangrove.

Luas tumpukan pasir ini sekitar dua kali lapangan bola voli. Kawasan tersebut juga menjadi spot berfoto para pengunjung. Pengelola menyebut tumpukan pasir tersebut dengan istilah busung. Gundukan pasir di tengah hutan mangrove itu muncul secara alami dan kerap menjadi wahana berkemah pengunjung.

Destinasi wisata mangrove Pandang Tak Jemu di Kampung Tua Bakau Serip, Nongsa, Kota Batam. TEMPO | Yogi Eka Sahputra

Selanjutnya, melintasi hutan mangrove ke arah pantai. Dari dalam mangrove, sedikit demi sedikit akan terlihat hamparan laut. Ada lagi spot foto dengan latar laut di tepi hutan mangrove.

Pengelola wisata mangrove Pandang Tak Jemu, Hanindar mengatakan, sebelum pandemi pengunjung yang datang ke mangrove Pandang Tak Jemu adalah wisatawan mancanegara dari Tiongkok, Korea, Singapura, dan Malaysia. "Saat pandemi Covid-19 terjadi, terasa sekali penurunan kunjungan wisatawan," katanya pada awal Oktober 2020. "Sekarang kami berharap kian banyak wisatawan domestik yang datang."

Seorang pengunjung mangrove Pandang Tak Jemu, Putra Pamungkas mengatakan, wisata mangrove sangat bagus untuk dikembangkan di Kota Batam. Hanya saja, menurut dia, pengelola, masyarakat, dan wisatawan harus menjaga lingkungan tetap bersih dan bakau atau mangrove terjaga dengan baik. "Itu menjadi tantangan buat kita semua," katanya.

Let's block ads! (Why?)



From "{Wisata}" - Google Berita


Demikianlah Artikel Wisata ke Gundukan Pasir Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu di Kota Batam - Travel Tempo.co

Sekianlah artikel Wisata ke Gundukan Pasir Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu di Kota Batam - Travel Tempo.co kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Wisata ke Gundukan Pasir Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu di Kota Batam - Travel Tempo.co dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2020/10/wisata-ke-gundukan-pasir-hutan-mangrove.html
Wisata ke Gundukan Pasir Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu di Kota Batam - Travel Tempo.co Wisata ke Gundukan Pasir Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu di Kota Batam - Travel Tempo.co Reviewed by eela on October 31, 2020 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.