Seo Services
Seo Services

25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih - Kompas.com - KOMPAS.com

25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih - Kompas.com - KOMPAS.com - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih - Kompas.com - KOMPAS.com, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Wisata ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : 25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih - Kompas.com - KOMPAS.com
link : 25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih - Kompas.com - KOMPAS.com

Baca juga


25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com – Kabupaten Purwakarta di Jawa Barat disebut sebagai kota pensiun karena menawarkan suasana yang jauh dari hiruk pikuk dan keramaian.

Meski begitu, Purwakarta menawarkan potensi wisata yang juga tak kalah saing dari kota lainnya.

Purwakarta pun menjadi salah satu destinasi wisata yang Berikut simak rangkuman 25 tempat wisata di Purwakarta:

1. Tebing Boyer

Salah satu tempat hits dan sedang viral fotonya di sosial media adalah Tebing Boyer yang menawarkan spot foto menarik dan instagramable.

Tebing dengan batuan tersusun ini berada di tepi Waduk Jatiluhur, tepatnya di Kampung Talun, Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Tebing Boyer Purwakartainstagram.com/charolinoktaviani Tebing Boyer Purwakarta

Selain mengambil foto, di sini pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Waduk Jatiluhur dan pegunungan, juga menikmati suasana yang menyejukkan.

Baca juga: 4 Wisata Instagramable di Purwakarta, Pas untuk Hunting Foto

Harga tiketnya adalah Rp 5.000 per orang. Tarif parkir kendaraan Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

2. Parang Gombong

Berkemah dengan pemandangan indah dari danau yang luas, rumput hijau, dan pegunungan, pastilah di Parang Gombong.

Parang Gombong menawarkan pesona matahari terbit maupun tenggelam yang begitu menawan. Lokasinya ada di Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Parang Gombong Purwakartainstagram.com/paranggombong_pwk Parang Gombong Purwakarta

Selain pemandangan indah, tersedia pula spot-spot foto yang cantik dan instagramable, warung makan, WiFi di salah satu warung makan, serta mushala, dan toilet.

Harga tiket masuknya gratis. Bila berkemah tarifnya Rp 10.000 per orang. Tarif parkirnya Rp 10.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

3. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok sangat cocok untuk pemula dan menjadi lokasi berkemah karena memiliki ketinggian 985 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan durasi waktu pendakian sekitar 2 jam.

Gunung Bongkok yang memiliki dua puncak untuk digapai, yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpu, terletak di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta.

Gunung Bongkok Purwakartainstagram.com/explorepurwakarta Gunung Bongkok Purwakarta

Pemandangan yang begitu indah dapat dinikmati dari Gunung Bongkok. Pendaki dapat menikmati panorama Gunung Parang, Waduk Jatiluhur, dan Kota Purwakarta.

Panorama matahari terbit dari sini begitu memukau dan memberikan nuansa juga sensasi yang mendebarkan.

Pengunjung harus membayar administrasi sebesar Rp 12.000 per orang dan tarif parkir Rp 5.000 untuk motor.

4. Pasir Langlang Panyawangan

Pasir Langlang Panyawangan atau disebut juga Ujung Aspal merupakan hutan pinus dengan panorama indah dan udara sejuk.

Tempat dengan luas lahan sekitar 43 hektar ini berada tak jauh dari pusat Kota Purwakarta, tepatnya di Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Pasir Langlang Panyawangan Purwakartainstagram.com/explorepurwakarta Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta

Selain area berkemah, ada pula Pusakamulya Bike Park yang merupakan trek khusus olahraga downhill, Curug Pamoyanan, Goa Jepang, dan spot foto.

Baca juga: Tebing Boyer, Wisata Kekinian Purwakarta yang Tersembunyi di Sukatani

Harga tiket masuknya Rp 7.500 per orang, tarif parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

5. Wanakula Camp

Wanakula Camp Camp berada di kaki Gunung Sunda dengan ketinggian sekitar 700 mdpl, tepatnya di Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Camping ground ini sangat cocok untuk berkemah bersama keluarga terutama yang membawa anak.

Tempat ini menawarkan suasana yang nyaman dan sejuk, seperti rumah nenek di kampung karena dikelilingi persawahan dan rumah warga.

Wanakula Camp, Purwakartainstagram.com/wanakula.camp Wanakula Camp, Purwakarta

Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas, seperti membajak sawah, berkebun, bermain ke air terjun, barbkeyu dan api unggun, sampai menikmati musik akustik.

Wanakula Camp menawarkan paket seperti 2 hari 1 malam seharga Rp 600.000 per orang, termasuk makanan dan camilan, juga pemandu untuk menemani aktivitas.

Ada pula paket gowes seharga Rp 850.000 per orang, sudah termasuk camping. Paket gowes hari pertama adalah camping dan gowes sepeda dilakukan pada hari kedua dengan rute sampai Tangkuban Parahu dan makan siang di kebun teh.

6.  Bukit Panenjoan

Kata Panenjoan memiliki arti penglihatan yang berarti tempat ini sangat cocok untuk melihat pemandangan alam.

Dulunya, Bukit Panenjoan merupakan lahan tandus yang diubah menjadi tempat wisata alam dengan menawarkan pesona alam berupa perkebunan teh, sawah, rumah warga, pegunungan, dan Waduk Jatiluhur.

Bukit Panenjoan Purwakartainstagram.com/nievayunieta18 Bukit Panenjoan Purwakarta

Bukit Panenjoan terletak di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Di sini, tersedia jembatan bambu panjang lengkap dengan spot foto untuk mengambil foto instagramable.

Baca juga: Saatnya Liburan ke Purwakarta, Bakal Ada Desa Wisata Baru

Pengunjung juga bisa sekadar bersantai menikmati suasana yang menyejukkan atau berziarah ke makan Syaikh Daka. Harga tiketnya Rp 5.000 per orang, tarif parkir Rp 3.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

7. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur dengan luas 8.300 hektar ini tidak hanya sekadar menjadi bendungan, tetapi juga menjadi tujuan wisata Purwakarta yang eksotis dengan keindahan panoramanya.

Waduk yang terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta ini menawarkan pemandangan berupa keindahan Gunung Parang dan Bongkok.

Waduk Jatiluhur Purwakartadisporaparbud.purwakartakab Waduk Jatiluhur Purwakarta

Pengunjung dapat berkeliling waduk naik perahu, memancing, bermain di waterboom, bermain tenis, wisata kuliner di restoran apung, berfoto, bersantai, dan berkemah.

Harga tiket masuknya Rp 25.000 per orang, tarif parkir Rp 3.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil. Sewa perahu keliling waduk adalah Rp 350.000 per putaran.

8. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas dikenal juga sebagai “blue river” karena memiliki air sungai yang sangat jernih berwarna biru.

Sungai dengan air bersih dan biru ini terletak di Kampung Babakan, Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Sungai Cidomas Purwakartainstagram.com/explorepurwakarta Sungai Cidomas Purwakarta

Sungai ini sangat cocok untuk bersantai melepaas penat dengan menawarkan suasana yang begitu asri dan udara sejuk.

Pengunjung dapat berenang di sungai merasakan air biru yang begitu menyegarkan, bersantai menikmati suasana, sampai berfoto-foto di sunga indah ini. Harga tiket masuknya masih gratis.

9. Gunung Lembu

Gunung Lembu memiliki ketinggian 792 mdpl dan dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 2-4 jam. Karenanya, gunung ini sangat cocok untuk pemula.

Gunung Lembu menawarkan pemandangan alam berupa Waduk Jatiluhur, Gunung Parang, dan Gunung Bongkok.

Gunung Lembu Purwakartainstagram.com/dioneciatyas Gunung Lembu Purwakarta

Dengan pemandangan yang begitu indah dan menawan, jangan lewatkan untuk mengabadikan momen melalui lensa kamera.

Pengunjung juga dapat bermalam dengan berkemah mendirikan tenda. Bermalam sembari ditemani udara dingin yang menyejukkan tentu sangat menyenangkan.

Baca juga: Weekend di Purwakarta Modal Rp 150.000-an, Itinerary Kuliner sampai Wisata Kekinian

Untuk mendaki Gunung Lembu, harga tiket masuknya Rp 10.000 per orang. Bila berkemah, tarifnya Rp 15.000 per orang.

10. Bale Indung Rahayu

Museum ini menceritakan perjalanan hidup manusia dan menjelaskan peran seorang ibu. Arti Bale Indung Rahayu adalah “Tempat Kemuliaan Ibu”.

Museum ini ditata secara estetik dan didukung teknologi digital. Lokasinya ada di Jalan RE Martadinata Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, museum ini selain berupaya untuk menggambarkan falsafah ibu dalam budaya sunda, juga bentuk dari kasih sayang dirinya pada ibunda yang telah tiada. RENI SUSANTI/KOMPAS.com Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, museum ini selain berupaya untuk menggambarkan falsafah ibu dalam budaya sunda, juga bentuk dari kasih sayang dirinya pada ibunda yang telah tiada.

Di sini, ada lukisan, foto, hingga beberapa permainan anak tempo dulu, seperti congklak. Beberapa mainan di museum ini dapat dimainkan, tetapi ada juga  yang hanya dipajang dan tak boleh dimainkan.

Museum ini juga memiliki miniatur rumah adat Sunda, lengkap dengan pakaian adatnya, alat musik tradisional Sunda, peralatan dapur dan makanan tradisional khas Sunda. Harga tiket masuk ke museum ini adalah gratis.

11. Bale Panyawangan Diorama Purwakarta

Bale Panyawangan Diorama Purwakarta terletak di Jalan K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Bale Panyawangan Diorama Purwakartadisporaparbud.purwakartakab/rezaphotowork Bale Panyawangan Diorama Purwakarta

Museum ini merupakan wisata edukasi mengenai sejarah tatar Sunda, sejarah nasional, sejarah Purwakarta, informasi pejabat Purwakarta dari masa ke masa, tempat wisata di Purwakarta, koleksi wayang, dan berbagai informasi pembangunan di Kabupaten Purwakarta.

Penyajian museum ini dikemas dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga pengunjung tidak akan bosan. Pengunjung juga dapat jalan-jalan virtual naik sepeda keliling kota Purwakarta. Harga tiket masuk museum ini adalah gratis.

12. Bale Panyawangan Diorama Nusantara

Bale Panyawangan Diorama Nusantara merupakan museum wisata sejarah nusantara, mulai dari zaman prasejarah, kerajaan, penjajahan, kemerdekaan, sampai masa kini.

Bale Panyawangan Diorama Nusantara, Purwakartadisporaparbud.purwakartakab Bale Panyawangan Diorama Nusantara, Purwakarta

Penyajian informasi museum ini disajikan dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti video mapping, layar sentuh, buku digital, dan jalan-jalan virtual naik kereta kencana.

Museum ini berada di pusat kota dekat dengan Stasiun Purwakarta, tepatnya terletak di Jalan K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupeten Purwakarta.Harga tiket masuknya gratis.

13. Galeri Wayang

Galeri Wayang terletak di Kompleks Pemda Purwakarta, Jalan Gandanegara nomor 25, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabaupaten Purwakarta.

Galeri Wayang Purwakartadisporaparbud.purwakartakab Galeri Wayang Purwakarta

Galeri ini memberikan berbagai informasi sejarah mengenai wayang di nusantara, seperti wayang betawi, wayang cepak khas Cirebon, wayang suket, sampai wayang klitik khas Surabaya.

Baca juga: Liburan ke Purwakarta, Bisa Naik KA Walahar Express dari Stasiun Kramat Jakarta

Hal menarik dari galeri ini adalah terdapat wayang yang dapat dimainkan para pengunjung, seperti wayang kulit, wayang golek, hingga topeng wayang orang. Harga tiket masuk galeri ini adalah gratis.

14. Curug Tilu

Curug Tilu yang mudah dijangkau ini terletak di Desa Cirirp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dan baru dibuka pada 2016 dengan dikelola warga setempat.

Tilu berarti tiga. Dulu, dikatakan bahwa terdapat tiga air terjun di sana. Namun, dua aliran hilang seiring waktu dengan tumbuhan dan bebatuan.

Curug Tilu Sukasari Purwakartainstagram.com/anggiafandy Curug Tilu Sukasari Purwakarta

Aktivitas yang dapat dilakukan di sini seperti berenang di kolam air yang menyegarkan, sekedar berendam, atau bersantai menikmati suasana dan udara yang sejuk.

Untuk memasuki curug ini pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 7.500 per orang dan sewa ban sebesar Rp 5.000.

15. Curug Cipurut

Curug Cipurut memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan tebing tinggi, serta dihiasi tanaman dan lumut dengan pemandangan yang indah.

Curug ini berada di kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang, yakni di Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Puwakarta.

Curug Cipurut Purwakartainstagram.com/jawai26.2 Curug Cipurut Purwakarta

Suasana di Curug Cipurut begitu asri dan sejuk, sehingga sangat cocok untuk melepas penat dari kesibukkan sehari-hari. Pengunjung dapat berenang di kolam menikmati kesegaran air, bersantai, atau berkemah di area camping tak jauh dari lokasi.

Harga tiket masuknya Rp 7.500 per orang. Biaya berkemah Rp 15.000 per orang, dan tarif parkir Rp 5.000 untuk motor.

16. Curug Suhada

Curug Suhada memiliki ketinggian 7 meter dan berada tak jauh dari Gunung Bongkok, tepatnya terletak di Desa Sidanglaya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Curug Suhada Purwakartainstagram.com/explorepurwakarta Curug Suhada Purwakarta

Curug ini dihiasi batuan besar dan dikelilingi pepohonan, sehingga cocok sekali untuk tempat berburu foto.

Baca juga: 5 Oleh-oleh Khas Purwakarta yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Pengunjung dapat berenang di kolam atau sekadar menikamti suasana alam dan udara yang sejuk. Harga tiketnya gratis, hanya perlu membayar parkir kendaraan saja.

17. Curug Cisomang

Curug Cisomang terletak di Desa Sepok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, tepatnya berada di bawah jembatan perbatasan antara Kecamatan Darangdan dan Bandung Barat.

Curug Cisomang Purwakartainstagram.com/fakirpiknik Curug Cisomang Purwakarta

Curug ini cukup tersembunyi, sehingga akses jalan ke sana tergolong cukup sulit dan memerlukan tenaga lebih.

Kesulitan akses dapat terbayarkan dengan suasana alam di Curug Cisomang yang begitu asri dan pas untuk melepas penat dari kesibukan kota. Harga tiket masuknya adalah gratis

18. Urban Farming

Urban Farming yang terletak di Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta merupakan tempat pelatihan dan edukasi pertanian perkotaan, sekaligus tempat wisata.

Di sini, pengunjung dapat berkeliling kampung mini lengkap dengan sawah, ladang sayur, ayam, dan bebek.

Urban Farming Center, Purwakartainstagram.com/sww.and.mka Urban Farming Center, Purwakarta

Tempat ini begitu cantik karena dihiasi rumah-rumah mini ala Eropa yang penuh warna dan cocok dijadikan spot foto instagramable.

Untuk berkunjung ke Urban Farming, pengunjung akan dikenakan tiket seharga Rp 15.000 per orang.

19. Saung Manglid

Saung Manglid merupakan restoran dan kafe yang terletak di Parakanceuri, Pusakamulya, Kiarapedes, Purwakarta.

Tempat ini juga dijadikan tempat rekreasi berupa agrowisata edukasi dan menawarkan spot-spot foto instagramable.

Spot foto menarik, salahs satunya spot foto carangka yang memiliki ciri khas Sunda nan asri dan ditanami beraneka jenis tanaman dan bunga.

Saung Manglid, Purwakartainstagram.com/saung_manglid Saung Manglid, Purwakarta

Dengan keindahan alam yang dditawarkan, tempat ini juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding.

Baca juga: Berita Foto: Panjat Tebing di Gunung Bongkok Purwakarta

Pengunjung dapat menanam sampai memanen beraneka jenis sayuran. Harga tiket masuknya gratis. Pengunjung hanya perlu memesan makanan saja di Saung Manglid.

20. Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta

Stasiun Purwakarta yang terletak di Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta memiliki gaya bangunan dengan arsitektur khas kolonial.

Stasiun ini juga memiliki spot foto menarik berupa bangkai kereta api yang sudah tak terpakai dan kerap menjadi incaran permburu foto keren.

Bangkai Kereta Stasiun Purwakartainstagram.com/obasinaga Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta

Tumpukkan bangkai kereta tak terpakai ini mencapai 7 meter. berfoto disini menawarkan nuansa retro dengan berbagai warna dan terlihat antik.

Tidak semua orang dapat sembarangan masuk untuk berfoto. Pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak terkait.

21. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga terletak di Jalan K.K Singawinata, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Taman air mancur ini menawarkan atraksi air mancur yang menari indah dan penuh warna, sehingga menjadi primadona di Purwakarta.

Pagelaran Festival Pencak Silat Dunia digelar di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jumat (21/4/2017) malam.KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Pagelaran Festival Pencak Silat Dunia digelar di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jumat (21/4/2017) malam.

Atraksi air mancur ini dilengkapi teknologi canggih berupa sinar laser yang dapat membentuk berbagai macam animasi dan efek cahaya untuk membuatnya makin cantik.

Pengunjung dapat berkunjung ke taman setiap hari secara gratis. Namun, air mancur hanya beratraksi setiap malam minggu.

22. Cikao Park

Cikao Park merupakan tempat rekreasi yang cocok untuk keluarga. Lokasinya ada di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Tempat ini mengusung konsep kearifan lokal dengan berbagai wahana cocok untuk wisata edukasi, seperti water park, taman satwa, rumah ilusi, dan wahana permainan lainnya.

Dengan wahana yang tersedia pengunjung dapat berwisata air, melihat taman burung dan reptil, berfoto-foto keren, sampai bermain ATV.

Cikao Park, Purwakartacikaopark Cikao Park, Purwakarta

Tiket masuk Cikao Park pada hari biasa sebesar Rp 10.000 per orang, water park Rp 40.000 per orang, taman satwa Rp 20.000 per orang, dan rumah ilusi Rp 30.000 per orang.

Baca juga: Ingin Menginap di Hotel Gantung Purwakarta? Ini Tipsnya!

Sedangkan tiket masuk saat akhir pekan adalah Rp 20.000 per orang, water park Rp 50.000 per orang, taman sawta Rp 30.000 per orang, dan rumah ilusi Rp 40.000 per orang.

23. Green Valley Waterpark

Green Valley Waterpark terletak di Jalan Ipik Gandamanah nomor 41, Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Di sini, terdapat beberapa wahana, seperti water slide, lazy river, kiddy pool, ember tumpah, bioskop 5 dimensi, planetarium, sepeda udara, kereta anak, dan kora-kora.

Green Valley Water Park, Purwakartainstagram.com/greenvalleywaterpark Green Valley Water Park, Purwakarta

Fasilitas yang tersedia di Green Valley Waterpark, antara lain area parkir, toilet, kamar ganti, gazebo, mushala, loker, spot foto, dan kantin.

Harga tiket masuknya Rp 35.000 per orang, sepeda udara Rp 10.000 per orang, kora-kora Rp 10.000 per orang, dan kereta anak Rp 10.000 per orang.

24. Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World berada dekat dengan Waduk Jatiluhur, tepatnya di Jatimerkar, Jatiluhur, dengan menawarkan pemandangan alam yang indah.

Wahana yang tersedia di sini, di antaranya kolam anak, kolam ombak, kolam dewasa, water slide setinggi sekitar 12 meter.

Jatiluhur Water World, Purwakartainstagram.com/nieannda Jatiluhur Water World, Purwakarta

Fasilitas di Jatiluhur Water World, antara lain toilet, kamar mandi, kamar ganti, gazebo, sampai kafetaria.

Tiket masuk Jatiluhur Water World adalah Rp 30.000 per orang pada hari biasa, Rp 45.000 per orang pada sabtu–minggu atau hari libur, dan Rp 65.000 per orang pada hari besar.

25. Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta berada lereng Gunung Burangrang, tepatnya di Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar yang indah, begitu asri, dan menyejukkan.

Tempat ini merupakan kolam renang alami dihiasi bebatuan besar yang berada di antara persawahan, perbukitan dan sungai.

Taman Batu Purwakartainstagram.com/kiem353_01 Taman Batu Purwakarta

Kolam renang di sini memiliki air yang jernih dan tidak mengandung bahan kimia, sehingga tidak akan membuat mata perih.

Kolam ini juga dihiasi dengan air terjun buatan yang membuat suasana semakin lebih terasa dengan gemercik air dari air terjun. Harga tiket masuknya Rp 20.000 per orang.

Let's block ads! (Why?)



From "{Wisata}" - Google Berita


Demikianlah Artikel 25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih - Kompas.com - KOMPAS.com

Sekianlah artikel 25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih - Kompas.com - KOMPAS.com kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel 25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih - Kompas.com - KOMPAS.com dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2020/10/25-tempat-wisata-di-purwakarta-wisata.html
25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih - Kompas.com - KOMPAS.com 25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih - Kompas.com - KOMPAS.com Reviewed by eela on October 31, 2020 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.