Seo Services
Seo Services

Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Apa Kata BMKG? - Okezone News

Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Apa Kata BMKG? - Okezone News - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Apa Kata BMKG? - Okezone News, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel populer - Google Berita ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Apa Kata BMKG? - Okezone News
link : Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Apa Kata BMKG? - Okezone News

Baca juga


Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Apa Kata BMKG? - Okezone News

JAKARTA - Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengapresiasi hasil riset ahli ITB, yang menyebutkan adanya ancaman gempa Magnitudo (M) 9,1 disertai gelombang tsunami setinggi 20 meter di Selatan Jawa.

"Kami apresiasi hasil riset tersebut. Para peneliti mengedukasi perihal adanya ancaman kepada masyarakat. Ancaman itu terjadi atau tidak, belum ada yang bisa memprediksi secara tepat kapan terjadinya. Namun adanya potensi itu memang betul," kata Rahmat dalam keterangannya, Minggu (27/9/2020).

Potensi gempa M 9,1 yang dapat memicu tsunami hingga 20 meter yang dimodelkan oleh ahli ITB tersebut, adalah skenario terburuk dari zona gempa megathrust.

"Skenario terburuk adalah skenario terbaik untuk upaya mitigasi. Jangan sampai mitigasi yang disiapkan berdasarkan skenario dengan potensi ancaman paling kecil. Justru nanti malah tidak siap jika skenario terburuk benar-benar terjadi," lanjut dia.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

"Perlu diingat bahwa potensi gempa bumi yang dapat memicu tsunami dari zona megathrust ini bukan hanya di Selatan Jawa, namun di seluruh zona megathrust dari barat Sumatera hingga selatan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara," jelasnya.

Baca juga: Penjelasan LIPI soal Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa

Bahkan, lanjut dia, potensi ini juga ada di daerah subduksi Banda, subduksi lempeng laut Maluku, subduksi Sulawesi, subduksi lempeng laut Filipina dan subduksi utara Papua.

"Meskipun kajian ilmiah dan permodelan dapat menentukan potensi magnitudo maksimum gempa megathrust, pada kenyataannya hingga saat ini belum ada teknologi yang mampu memprediksi secara tepat dan akurat kapan dan di mana gempa akan terjadi," imbuhnya.

Let's block ads! (Why?)



Artikel populer - Google Berita


Demikianlah Artikel Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Apa Kata BMKG? - Okezone News

Sekianlah artikel Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Apa Kata BMKG? - Okezone News kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Apa Kata BMKG? - Okezone News dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2020/09/potensi-gempa-dan-tsunami-20-meter-di.html
Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Apa Kata BMKG? - Okezone News Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Apa Kata BMKG? - Okezone News Reviewed by eela on September 27, 2020 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.