Seo Services
Seo Services

Mengintip Wisata Cibuntu Kuningan, Destinasi Sisa Tambang yang Miliki Sapta Pesona | merdeka.com - merdeka.com

Mengintip Wisata Cibuntu Kuningan, Destinasi Sisa Tambang yang Miliki Sapta Pesona | merdeka.com - merdeka.com - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengintip Wisata Cibuntu Kuningan, Destinasi Sisa Tambang yang Miliki Sapta Pesona | merdeka.com - merdeka.com, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Wisata ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Mengintip Wisata Cibuntu Kuningan, Destinasi Sisa Tambang yang Miliki Sapta Pesona | merdeka.com - merdeka.com
link : Mengintip Wisata Cibuntu Kuningan, Destinasi Sisa Tambang yang Miliki Sapta Pesona | merdeka.com - merdeka.com

Baca juga


Mengintip Wisata Cibuntu Kuningan, Destinasi Sisa Tambang yang Miliki Sapta Pesona | merdeka.com - merdeka.com

Mengintip Wisata Cibuntu Kuningan, Destinasi Sisa Tambang yang Miliki Sapta Pesona Desa Wisata Cibuntu Kuningan. Instagram @desawisatacibuntu ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Desa wisata selalu jadi tempat yang asyik untuk dikunjungi bersama para sanak keluarga, baik untuk sekadar melepas penat, maupun mempelajari kebudayaan setempat. Salah satu destinasi lokal yang cukup rekomendasi dikunjungi adalah Desa Wisata Cibuntu di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Wilayah yang terletak di kawasan dataran tinggi, kaki Gunung Ciremai tersebut, kini tengah populer. Dengan berbagai suasana khas pedesaannya yang meneduhkan serta kearifan lokalnya, sangat ramah untuk pendatang.

Di lokasi wisata yang diresmikan sejak tahun 2012 silam tersebut, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia. Seperti pagelaran budaya, situs purbakala, makanan tradisional hingga tempat penginapan yang bisa dijadikan sebagai homestay.

1 dari 6 halaman

Kelestarian Alam Dijaga dengan Sangat Baik

desa wisata cibuntu kuningan

@desawisatacibuntu/©2020 Merdeka.com

Yang menarik dari desa wisata yang terletak di sebelah barat Kuningan kota tersebut, ialah masyarakatnya sangat menjaga kondisi alam. Penjagaan tersebut dimaksudkan untuk menarik minat para wisatawan yang sedang berkunjung, agar bisa lebih menikmati suasana asrinya.

Seperti dikutip dari berdesa.com, Awam, selaku Kepala Desa di Cibuntu mengungkapkan jika keasrian lokasi wisata di Cibuntu akan terus dijaga. Melalui semangat kekompakan masyarakatnya, Awam optimis dapat mengembangkan wisata daerahnya itu jadi lebih maju.

2 dari 6 halaman

Memiliki Konsep Sapta Pesona

desa wisata cibuntu kuningan

Facebook Ridwan Kamil/©2020 Merdeka.com

Menurut Awam, di desanya terdapat semangat pelayanan pengunjung yang diwujudkan ke dalam konsep bernama Sapta Pesona. Ia mengungkapkan Sapta Pesona merupakan komitmen dari masyarakat setempat untuk memberikan rasa nyaman kepada pengunjung, melalui tujuh unsur yakni aman, tertib, indah, rama tamah dan kenangan.

"Desa Wisata Cibuntu yang memiliki daya tarik bukan karena hiasan saja yang mempercantiknya, namun juga mengedepankan konsep Sapta Pesona dalam menarik wisatawan," kata Kepala Desa Cibuntu Awam di Kuningan, Sabtu (29/8), dilansir dari Antara.

3 dari 6 halaman

Bekas Kawasan Tambang

Di kawasan yang berjarak 30 km dari Kota Cirebon tersebut, merupakan bekas kawasan tambang yang dikelola baik oleh masyarakat sekitar. Karena perawatan itu, tidak ada kerusakan yang parah akibat kegiatan tambang di masa lampau.

Awam mengungkapkan, kawasannya dahulu merupakan bekas galian C, meliputi nitrat, fosfat, asbes, talk, grafit, pasir kuarsa, kaolin, feldspar, marmer, pasir. Karena dampak yang ditimbulkan sangat besar, akhirnya masyarakat sepakat untuk memperbaikinya.

"Kawasan Desa Wisata Cibuntu ini sangat dijaga baik kelestariannya dan tetap dikelola oleh pihak lokal secara tradisional," tuturnya.

4 dari 6 halaman

Memiliki Beragam Situs Purbakala hingga Mata Air Alami

desa wisata cibuntu kuningan

Instagram @desawisatacibuntu /©2020 Merdeka.com

Sembari menikmati suasana alam yang menyejukkan, pengunjung juga bisa mengunjungi beberapa situs purbakala yang terdapat di Cibuntu. Diduga, situs tersebut merupakan peninggalan zaman megalitikum seperti situs Bujal Dayeuh, serta melihat peralatan sisa purbakala seperti batu dan giok.

Di Cibuntu, juga terdapat beberapa mata air alami yang bisa digunakan untuk menyegarkan diri, seperti Curug Gonseng, hingga mata air Sumber Kahuripan.

5 dari 6 halaman

Dinobatkan sebagai Destinasi Wisata Terbaik

Lokasi yang juga terkenal dengan sebutan ‘Kampung Kambing’ tersebut beberapa kali meraih prestasi. Seperti kategori destinasi terbaik lima besar se-ASEAN, di bidang homestay pada tahun 2016.

Satu tahun kemudian, tepatnya di 2017 Cibuntu juga kembali menyabet penghargaan sebagai desa wisata terbaik dalam ajang Community Based Tourist. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata Indonesia.

6 dari 6 halaman

Penerapan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Di masa pandemi, hampir setiap tempat wisata tutup. Setelah diberlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), beberpaa tempat wisata mulai buka kembali, salah satunya desa wisata ini.

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung di masa pandemi Covid-19, tidak usah khawatir karena di Cibuntu, penerapan protokol kesehatan sudah cukup baik.

[nrd]

Let's block ads! (Why?)



From "{Wisata}" - Google Berita


Demikianlah Artikel Mengintip Wisata Cibuntu Kuningan, Destinasi Sisa Tambang yang Miliki Sapta Pesona | merdeka.com - merdeka.com

Sekianlah artikel Mengintip Wisata Cibuntu Kuningan, Destinasi Sisa Tambang yang Miliki Sapta Pesona | merdeka.com - merdeka.com kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengintip Wisata Cibuntu Kuningan, Destinasi Sisa Tambang yang Miliki Sapta Pesona | merdeka.com - merdeka.com dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2020/08/mengintip-wisata-cibuntu-kuningan.html
Mengintip Wisata Cibuntu Kuningan, Destinasi Sisa Tambang yang Miliki Sapta Pesona | merdeka.com - merdeka.com Mengintip Wisata Cibuntu Kuningan, Destinasi Sisa Tambang yang Miliki Sapta Pesona | merdeka.com - merdeka.com Reviewed by eela on August 31, 2020 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.