Seo Services
Seo Services

Gunung Marapi Erupsi Tiba-tiba, PVMBG Sebut Alat Deteksi Pernah Dicuri - detikNews

Gunung Marapi Erupsi Tiba-tiba, PVMBG Sebut Alat Deteksi Pernah Dicuri - detikNews - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Gunung Marapi Erupsi Tiba-tiba, PVMBG Sebut Alat Deteksi Pernah Dicuri - detikNews, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel populer - Google Berita ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Gunung Marapi Erupsi Tiba-tiba, PVMBG Sebut Alat Deteksi Pernah Dicuri - detikNews
link : Gunung Marapi Erupsi Tiba-tiba, PVMBG Sebut Alat Deteksi Pernah Dicuri - detikNews

Baca juga


Gunung Marapi Erupsi Tiba-tiba, PVMBG Sebut Alat Deteksi Pernah Dicuri - detikNews

Jakarta -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) sering erupsi tiba-tiba. Namun alat pendeteksi di Stasiun Pemantauan Gunung Api Marapi (GGSL) beberapa kali dicuri.

Ketua Tim Kerja Gunung Api PVMBG, Ahmad Basuki, menyampaikan, pada tahun ini sudah terjadi dua kali pencurian alat pemantau di Stasiun Guguak Solang.

Pencurian pertama terjadi pada akhir Maret. Pada 30 Maret 2023, rekaman seismik dari stasiun pemantauan terputus. Kemudian, besoknya dilakukan pengecekan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tanggal 31 Maret 2023, dilakukan pengecekan lapangan. Kondisi stasiun sudah dibongkar," kata Ahmad saat dihubungi, Selasa (5/12/2023).

Kemudian, pada 3 April 2023, pencurian itu dilaporkan ke Polres Tanah Datar. Pada 17 Mei 2023, dilakukan perbaikan pergantian baterai ACCU di stasiun.

Kejadian kedua terjadi pada 25 September 2023. Rekaman seismik dari stasiun pemantau putus. Tim dari PVMBG pun mengecek ke lokasi.

"Tanggal 11 Oktober 2023, tim dibagi dua. Satu tim pengecekan ke stasiun GGSL, dilakukan pengecekan lapangan. Kondisi stasiun aman. Satu tim lagi ke Stasiun Sago sebagai Stasiun Repeter dari GGSL ke Pos Pengamatan. dilakukan penggantian Radio, kemudian data GGSL jalan kembali," katanya.

Menurut Ahmad, pencurian tidak terlalu sering terjadi. Namun beberapa kali terjadi pencurian oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Tidak terlalu sering, tapi beberapa kali saja," katanya.

Erupsi Gunung Marapi Tiba-tiba

PVMBG menyampaikan, Gunung Marapi sering erupsi secara tiba-tiba. Tidak ada gempa vulkanik sebelum erupsi terjadi di Gunung Marapi.

"Berdasarkan erupsi awal tahun 2023 (7 Januari-20 Februari 2023) serta erupsi 3 Desember 2023 ini, pertanda akan terjadi erupsi Marapi tidak terlalu jelas," Kata Ahmad.

Erupsi Gunung Marapi tidak diawali dengan gempa vulkanik. Berbeda dengan kebanyakan gunung lain.

"Kedua periode erupsi tersebut tidak didahului oleh peningkatan gempa-gempa vulkanik seperti di gunung api lainnya," ucapnya.

Karena erupsi sering tiba-tiba muncul, PVMBG menetapkan status level ii atau waspada di Gunung Marapi sejak Agustus 2011. Dengan status itu, batas aman gunung adalah 3 km dari puncak.

"Salah satu pertimbangannya (status Level II sejak 2011) sulit diprediksi dan sering meletus tiba-tiba," katanya.

Dengan kondisi ini, diharapkan ada pengawasan serius terhadap Gunung Marapi. Baik pengawasan aktivitas vulkanik maupun aktivitas masyarakat.

"Harus diawasi dengan ketat baik aktivitas vulkaniknya maupun aktivitas masyarakatnya," katanya.

(aik/imk)

Adblock test (Why?)



Artikel populer - Google Berita


Demikianlah Artikel Gunung Marapi Erupsi Tiba-tiba, PVMBG Sebut Alat Deteksi Pernah Dicuri - detikNews

Sekianlah artikel Gunung Marapi Erupsi Tiba-tiba, PVMBG Sebut Alat Deteksi Pernah Dicuri - detikNews kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Gunung Marapi Erupsi Tiba-tiba, PVMBG Sebut Alat Deteksi Pernah Dicuri - detikNews dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2023/12/gunung-marapi-erupsi-tiba-tiba-pvmbg.html
Gunung Marapi Erupsi Tiba-tiba, PVMBG Sebut Alat Deteksi Pernah Dicuri - detikNews Gunung Marapi Erupsi Tiba-tiba, PVMBG Sebut Alat Deteksi Pernah Dicuri - detikNews Reviewed by eela on December 05, 2023 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.