Seo Services
Seo Services

AS & China Ribut! RI & Tetangga Bakal Terima 'Durian Runtuh' - CNBC Indonesia

AS & China Ribut! RI & Tetangga Bakal Terima 'Durian Runtuh' - CNBC Indonesia - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul AS & China Ribut! RI & Tetangga Bakal Terima 'Durian Runtuh' - CNBC Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel populer - Google Berita ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : AS & China Ribut! RI & Tetangga Bakal Terima 'Durian Runtuh' - CNBC Indonesia
link : AS & China Ribut! RI & Tetangga Bakal Terima 'Durian Runtuh' - CNBC Indonesia

Baca juga


AS & China Ribut! RI & Tetangga Bakal Terima 'Durian Runtuh' - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketegangan hubungan Amerika Serikat dan China serta pelemahan ekonomi negeri tirai bambu membuat negara-negara kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN melihat potensi "durian runtuh".

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, sentimen ini mengemuka dalam ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM) kedua dalam rangkaian Keketuan ASEAN 2023 Indonesia yang digelar di Jakarta, Jumat (25/8/2023).

"Kawasan ASEAN dan India menjadi dua kawasan yang dipandang sebagai kawasan yang bisa dapat keuntungan dari situasi ini," kata Sri Mulyani saat konferensi pers seusai AFMGM.

Ia mengatakan, keuntungan kawasan ASEAN dari kondisi yang terjadi di China itu di antaranya adalah potensi relokasi industri ke negara-negara kawasan serta keluarnya aliran modal dari China ke negara-negara kawasan, sehingga menjadi potensi besarnya aliran modal asing masuk ke depan.

"Ini kajian dari Bank Dunia, AMRO, serta ERIA yang menunjukkan adanya kesempatan terhadap persaingan geopolitik bagi ASEAN, terutama dari capital flows, manufacturing yang akan realokasi ke sini, teknologi dan juga bagaimana kita perlu memposisikan ASEAN secara atraktif dan kompetitif," ujarnya.

Meski demikian, Sri Mulyani tidak menyebutkan besaran potensi dari relokasi hingga aliran modal yang masuk ke kawasan, termasuk ke Indonesia. Ia hanya menekankan, yang perlu disiapkan saat ini adalah menjaga stabilitas ekonomi dengan modal yang telah dimiliki negara-negara kawasan, yakni bauran kebijakan antara moneter dan fiskal.

"Pertumbuhan ekonomi ASEAN terus menjadi titik terang di masa depan di tataran perekonomian global. ASEAN diproyeksikan tumbuh 4,5% tahun ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan global. Tentu saja komposisi tiap negara berbeda-beda," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

AS Revisi Pertumbuhan Ekonomi 2022 Dari 2,7% Menjadi 2,6%


(mij/mij)

Adblock test (Why?)



Artikel populer - Google Berita


Demikianlah Artikel AS & China Ribut! RI & Tetangga Bakal Terima 'Durian Runtuh' - CNBC Indonesia

Sekianlah artikel AS & China Ribut! RI & Tetangga Bakal Terima 'Durian Runtuh' - CNBC Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel AS & China Ribut! RI & Tetangga Bakal Terima 'Durian Runtuh' - CNBC Indonesia dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2023/08/as-china-ribut-ri-tetangga-bakal-terima.html
AS & China Ribut! RI & Tetangga Bakal Terima 'Durian Runtuh' - CNBC Indonesia AS & China Ribut! RI & Tetangga Bakal Terima 'Durian Runtuh' - CNBC Indonesia Reviewed by eela on August 25, 2023 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.