Seo Services
Seo Services

Pemerintah Akan Bangun 250 SPBU Nelayan Lewat Program Solusi

Pemerintah Akan Bangun 250 SPBU Nelayan Lewat Program Solusi - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pemerintah Akan Bangun 250 SPBU Nelayan Lewat Program Solusi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Feed Media ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Pemerintah Akan Bangun 250 SPBU Nelayan Lewat Program Solusi
link : Pemerintah Akan Bangun 250 SPBU Nelayan Lewat Program Solusi

Baca juga


Pemerintah Akan Bangun 250 SPBU Nelayan Lewat Program Solusi

May 15, 2023 at 09:49AM Feed Digital:

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah berencana menghadirkan lebih banyak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) di berbagai desa nelayan di Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan, pihaknya bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Kelautan dan Perikanan telah bekerja sama untuk menghadirkan SPBUN melalui program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan.

Tercetusnya kerja sama ini tak lepas dari kesadaran pemerintah akan biaya produksi nelayan yang banyak habis ketika membeli bahan bakar.

"Kami menyadari 60 persen biaya produksi nelayan habis hanya untuk membeli bahan bakar. Selama ini nelayan membeli BBM di pasar eceran yang mahal antara Rp10 ribu sampai Rp12 ribu. Persoalan ini harus segera diselesaikan," kata Teten dalam keterangannya di Aceh, dikutip Senin (15/5/2023).

Ketika meresmikan SPBUN Koperasi Tunas Usaha di Lhoknga, Aceh, ia menyebut ada 11 ribu desa nelayan, tetapi baru ada sektiar 300 SPBU.

"Ada 11 ribu desa nelayan, tapi baru ada 338 SPBU. Maka Pemerintah akan bangun secara bertahap SPBU mini supaya pasokan BBM dekat dengan desa nelayan," ujar Teten.

Saat ini sudah ada 7 SPBUN yang hadir melalui program Solusi, yaitu di Lhoknga, Deli Serdang, Indramayu, Pekalongan, Semarang, Surabaya, dan Lombok Timur.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan itu memastikan pemerintah akan memperbanyak SPBUN melalui program Solusi di Indonesia.

Baca juga: Menteri Teten Klaim Pembangunan SPBUN Mampu Potong 30 Persen Biaya Produksi Nelayan

"Tahun ini ada 7 piloting dan bahkan Presiden meminta diperbanyak menjadi 250. Insyaallah kita akan kejar target itu," ujarnya.

Menurut Teten, sektor kelautan Indonesia memiliki potensi keunggulan dengan keragaman sumber daya laut yang besar.

Namun, pengembangannya saat ini belum dilakukan secara optimal.

Ia kemudian mencontohkan bagaimana Norwegia menjadikan budi daya salmon sebagai sumber pendapatan utama.

"Saya selalu menyebut contohnya Norwegia yang menjadikan budi daya salmon sebagai sumber pendapatan utama negaranya. Sementara kita punya beragam komoditas potensial seperti tuna, kerapu, udang, dan banyak lainnya," kata Teten.

Baca juga: Bantuan Pemerintah untuk Sektor Perikanan Tangkap Laut Perlu Dievaluasi

"Kalau itu bisa dikelola dengan baik, kita bisa menjadikan sumber daya ekonomi kelautan sebagai keunggulan domestik," lanjutnya.

Oleh karena itu, ia berharap Koperasi Tunas Usaha Sejahtera tidak hanya mengelola solar bagi para nelayan.

Namun, juga mengembangkan potensi sumber daya yang ada agar bisa meningkatkan kesejahteraan para nelayan anggotanya.

"Koperasi nelayan jangan hanya menyalurkan solar, tapi juga bisa mengelola bisnis turunan hasil dari para nelayan," kata Teten.

Adblock test (Why?)



Tribunnews.com


Demikianlah Artikel Pemerintah Akan Bangun 250 SPBU Nelayan Lewat Program Solusi

Sekianlah artikel Pemerintah Akan Bangun 250 SPBU Nelayan Lewat Program Solusi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Pemerintah Akan Bangun 250 SPBU Nelayan Lewat Program Solusi dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2023/05/pemerintah-akan-bangun-250-spbu-nelayan.html
Pemerintah Akan Bangun 250 SPBU Nelayan Lewat Program Solusi Pemerintah Akan Bangun 250 SPBU Nelayan Lewat Program Solusi Reviewed by eela on May 14, 2023 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.