Seo Services
Seo Services

Erdogan Menang Pemilu Turki, Apa Pengaruhnya buat RI? - CNN Indonesia

Erdogan Menang Pemilu Turki, Apa Pengaruhnya buat RI? - CNN Indonesia - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Erdogan Menang Pemilu Turki, Apa Pengaruhnya buat RI? - CNN Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel populer - Google Berita ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Erdogan Menang Pemilu Turki, Apa Pengaruhnya buat RI? - CNN Indonesia
link : Erdogan Menang Pemilu Turki, Apa Pengaruhnya buat RI? - CNN Indonesia

Baca juga


Erdogan Menang Pemilu Turki, Apa Pengaruhnya buat RI? - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Recep Tayyip Erdogan kembali menduduki kursi presiden di periode ketiga usai menang pemilihan umum Turki pada akhir pekan lalu. Lantas apa artinya bagi Indonesia?

Tak lama setelah Erdogan dipastikan menang, Presiden Indonesia, Joko Widodo, langsung mengucapkan selamat dengan menyematkan panggilan akrabnya bagi sang presiden Turki.

"Ucapan paling hangat bagi saudaraku Presiden Erdogan @RTErdogan dari Turki yang kembali terpilih [sebagai presiden]," twit Jokowi pada Senin.

Ia kemudian berujar, "Siap melanjutkan dan memperkuat kemitraan strategis jangka panjang Indonesia-Turki untuk kepentingan rakyat kita."

Lantas, apa sebenarnya pengaruh kemenangan Erdogan bagi Indonesia?

Pengamat yang fokus kajian Timur Tengah dari Universitas Indonesia, Yon Machmudi, mengatakan kebijakan luar negeri Erdogan cenderung memperkuat hubungan dengan negara-negara Asia, termasuk RI.

"Berbeda dengan lawan politiknya yang ingin mengembalikan posisinya Turki sebagai loyalis Barat. Artinya, kerja sama Turki dengan Indonesia akan semakin kuat," kata Yon kepada CNNIndonesia.com, Senin (29/5).

Ia juga mengatakan pemerintah Indonesia juga memiliki kedekatan dengan Erdogan, terlihat dari keakraban yang ditunjukkan Jokowi.

Pengamat hubungan internasional lain dari Universitas Indonesia, Sya'roni Rofii, memiliki pandangan serupa.

"Ya, saya kira dua negara akan meningkatkan hubungan yang telah terjalin selama ini," kata Sya'roni.

Lebih lanjut, Sya'roni mengatakan program-program yang selama ini telah dijajaki pemerintah dua negara bisa berlanjut, mulai dari kerja sama pertahanan hingga ekonomi-perdagangan.

Di bidang pertahanan, salah satunya Indonesia dan Turki sepakat membuat pesawat dan tank bersama.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, di sektor ekonomi, Jakarta dan Ankara sepakat membentuk koridor perjalanan atau Travel Corridor Arrangement dan mempercepat perundingan Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA).

Sya'roni juga mengatakan rencana Erdogan untuk berkunjung ke Indonesia bisa terealisasi.

Pada 2019, orang nomor satu di Turki itu dilaporkan akan berkunjung ke RI pada Februari 2020. Namun, rencana itu tertunda lantaran pandemi Covid-19.

"Jadi, ke depan boleh jadi rencana itu akan direalisasikan," ucap dia.

Erdogan tercatat beberapa kali berkunjung ke Indonesia. Lawatan terakhir berlangsung pada 2015 lalu.

Bagaimana pengaruhnya terhadap hubungan antar-masyarakat RI dan Turki? Baca di halaman berikutnya >>>

Erdogan Menang Pemilu Turki, Apa Pengaruhnya buat RI?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Adblock test (Why?)



Artikel populer - Google Berita


Demikianlah Artikel Erdogan Menang Pemilu Turki, Apa Pengaruhnya buat RI? - CNN Indonesia

Sekianlah artikel Erdogan Menang Pemilu Turki, Apa Pengaruhnya buat RI? - CNN Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Erdogan Menang Pemilu Turki, Apa Pengaruhnya buat RI? - CNN Indonesia dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2023/05/erdogan-menang-pemilu-turki-apa.html
Erdogan Menang Pemilu Turki, Apa Pengaruhnya buat RI? - CNN Indonesia Erdogan Menang Pemilu Turki, Apa Pengaruhnya buat RI? - CNN Indonesia Reviewed by eela on May 29, 2023 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.