Seo Services
Seo Services

Anwar Usman soal 8 Fraksi DPR Ancam Cabut Kewenangan MK: Lihat Putusan Nanti - detikNews

Anwar Usman soal 8 Fraksi DPR Ancam Cabut Kewenangan MK: Lihat Putusan Nanti - detikNews - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Anwar Usman soal 8 Fraksi DPR Ancam Cabut Kewenangan MK: Lihat Putusan Nanti - detikNews, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel populer - Google Berita ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Anwar Usman soal 8 Fraksi DPR Ancam Cabut Kewenangan MK: Lihat Putusan Nanti - detikNews
link : Anwar Usman soal 8 Fraksi DPR Ancam Cabut Kewenangan MK: Lihat Putusan Nanti - detikNews

Baca juga


Anwar Usman soal 8 Fraksi DPR Ancam Cabut Kewenangan MK: Lihat Putusan Nanti - detikNews

Jakarta -

Anggota Komisi III DPR RI F-Gerindra Habiburokhman menyebut DPR bisa mengubah Undang-Undang terkait Mahkamah Konstitusi (MK) jika Hakim MK memutuskan mengubah sistem pemilu menjadi proporsional tertutup atau pemilu coblos partai. Apa respons Ketua MK Anwar Usman soal ancaman tersebut?

"Ah, itu nanti lihat saja, apa putusan MK ya. Tunggu saja. Insyaallah dalam waktu dekat (putusan)," kata Anwar usai upacara Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2023).

Anwar mengatakan tidak ada batasan waktu kapan putusan tersebut akan inkrah. Namun, diharapkan bulan Juni sudah ada keputusan sistem pemilu.

"Ya mudah-mudahan (bulan Juni). Mudah-mudahan, ikuti saja. Kalau pengujian undang-undang itu batas waktunya nggak ada. Itu tergantung juga dari para pihak, jadi bukan hanya tergantung dari MK. Ini terkait dengan itu UU Pemilu, khusus mengenai proporsional terbuka dan tertutup itu pihak terkaitnya ada sekitar 15," jelasnya.

Delapan Fraksi di DPR RI sebelumnya tegas menolak jika sistem pemilu coblos nama caleg diubah menjadi proporsional tertutup atau coblos gambar partai. Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman menegaskan pihaknya bisa mengubah UU terkait MK jika hakim MK memutuskan mengubah sistem pemilu.

Habiburokhman awalnya menyatakan DPR tak ingin unjuk kekuasaan. Namun, dia mengingatkan semua pihak bahwa DPR punya kewenangan sebagai lembaga legislatif.

"Ya jadi kita tidak akan saling memamerkan kekuasaan, dan cuma kita juga akan mengingatkan bahwa kami ini legislatif, kami juga punya kewenangan," kata Habiburokhman dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/5).

"Apabila MK berkeras untuk memutus (sistem coblos partai) ini, kami juga akan menggunakan kewenangan kami. Begitu juga dalam konteks budgeting kita juga ada kewenangan," lanjutnya.

Konferensi pers ini digelar delapan fraksi di DPR usai beredar rumor bahwa MK akan mengubah sistem pemilu dari coblos nama caleg menjadi coblos gambar partai saja. Habiburokhman mengingatkan MK bahwa DPR bisa merevisi UU MK dan mencabut kewenangan MK.

"Kalau perlu UU MK juga kita ubah, kita cabut kewenangannya, akan kita perbaiki supaya tidak terjadi begini lagi," ungkap Habiburokhman.

Habiburokhman mengatakan kedelapan fraksi itu sudah sepaham dengan dirinya terkait hal ini. "Iya, kan ini tadi," kata politikus Gerindra ini.

Simak Video: Riuh Rumor Putusan MK Buat 8 Fraksi Tegaskan Dukung Proporsional Terbuka

[Gambas:Video 20detik]

(rfs/dhn)

Adblock test (Why?)



Artikel populer - Google Berita


Demikianlah Artikel Anwar Usman soal 8 Fraksi DPR Ancam Cabut Kewenangan MK: Lihat Putusan Nanti - detikNews

Sekianlah artikel Anwar Usman soal 8 Fraksi DPR Ancam Cabut Kewenangan MK: Lihat Putusan Nanti - detikNews kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Anwar Usman soal 8 Fraksi DPR Ancam Cabut Kewenangan MK: Lihat Putusan Nanti - detikNews dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2023/05/anwar-usman-soal-8-fraksi-dpr-ancam.html
Anwar Usman soal 8 Fraksi DPR Ancam Cabut Kewenangan MK: Lihat Putusan Nanti - detikNews Anwar Usman soal 8 Fraksi DPR Ancam Cabut Kewenangan MK: Lihat Putusan Nanti - detikNews Reviewed by eela on May 31, 2023 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.