Seo Services
Seo Services

KNPA: Food Estate Prabowo Bentuk Militerisasi Pertanian - CNN Indonesia

KNPA: Food Estate Prabowo Bentuk Militerisasi Pertanian - CNN Indonesia - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul KNPA: Food Estate Prabowo Bentuk Militerisasi Pertanian - CNN Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : KNPA: Food Estate Prabowo Bentuk Militerisasi Pertanian - CNN Indonesia
link : KNPA: Food Estate Prabowo Bentuk Militerisasi Pertanian - CNN Indonesia

Baca juga


KNPA: Food Estate Prabowo Bentuk Militerisasi Pertanian - CNN Indonesia

September 26, 2020 at 06:30AM
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jendral Komite Nasional Pembaruan Agraria (KNPA) Dewi Kartika menyebut program pembangunan food estate atau lumbung pangan yang dikelola Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan bentuk militerisasi pertanian.

Menurut Dewi, Presiden Joko Widodo semestinya tak menyerahkan pengelolaan food estate sebagai salah satu cadangan pangan nasional kepada Prabowo.

"Food estate ini termasuk militerisasi pertanian, sebab melibatkan TNI. Petani diarahkan menjadi buruh tani, bukan pemilik alat produksi, bukan pemilik tanah," kata Dewi melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (25/9).


Dewi menuturkan, pembangunan food estate bukan program yang bisa menyelamatkan ketahanan pangan Indonesia. Alih-alih membangun food estate, Jokowi seharusnya fokus pada program reforma agraria yang menurut Dewi mampu menyelamatkan ketahanan pangan nasional.

"Fokus pada ageda kerakyatan, reforma agraria. Justru reforma agraria lah yang akan menyelamatkan pangan kita, ketimbang food estate," kata dia.

Dewi menyayangkan sikap pemerintah yang meminta warga mematuhi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sementara aparat secara represif masih merampas lahan di beberapa daerah. Meski begitu, ia tak merinci lahan mana saja yang dirampas itu.

Di sisi lain, Dewi juga mengkritisi pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Ia mengatakan, pemerintah semestinya fokus dalam penanganan krisis berlapis yang tengah dihadapi masyarakat berekonomi lemah.

"Disayangkan kita disuruh taat PSBB, tapi perampasan tanah dan penangkapan petani tetap terjadi," ujar dia.

KNPA sebelumnya telah mencatat konflik agraria yang berkaitan dengan perampasan lahan oleh korporasi di tengah pandemi covid-19.

Sedikitnya ada 35 konflik agraria yang menyebabkan petani tewas selama penerapan PSBB.

Konflik agraria ini diiringi 39 kasus kriminalisasi dan intimidasi, serta dua petani tewas di wilayah konflik karena mempertahankan wilayah hidupnya.

Sebelumnya Jokowi telah menunjuk Prabowo sebagai menteri yang memimpin pembangunan food estate di wilayah Kalimantan.

Ia diminta secara khusus mengurus cadangan pangan komoditas singkong dalam pembangunan food estate.

Ketua Dewan Pembina Gerindra itu mengakuk hanya membantu menteri-menteri lain yang berkaitan dengan pertanian.

Rencananya, Prabowo akan mulai menanam singkong pada 2021 di lahan seluas 30 ribu hektare.

Anak buah Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak sebelumnya juga kerap menyebut hasil pengembangan pertanian dari food estate nantinya bisa digunakan di lingkungan militer.

Menurutnya, jika memang pasar belum membutuhkan hasil dari food estate, bisa digunakan untuk konsumsi militer sehingga tidak akan mengganggu harga pasar pangan di lapangan.

(psp)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



Feed From"{pertanian}" - Google Berita


Demikianlah Artikel KNPA: Food Estate Prabowo Bentuk Militerisasi Pertanian - CNN Indonesia

Sekianlah artikel KNPA: Food Estate Prabowo Bentuk Militerisasi Pertanian - CNN Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel KNPA: Food Estate Prabowo Bentuk Militerisasi Pertanian - CNN Indonesia dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2020/09/knpa-food-estate-prabowo-bentuk.html
KNPA: Food Estate Prabowo Bentuk Militerisasi Pertanian - CNN Indonesia KNPA: Food Estate Prabowo Bentuk Militerisasi Pertanian - CNN Indonesia Reviewed by eela on September 25, 2020 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.