Judul postingan RSS Feed : Strategi Industri Perjalanan Wisata Indonesia Datangkan 20 Juta Wisman - iNews
link : Strategi Industri Perjalanan Wisata Indonesia Datangkan 20 Juta Wisman - iNews
Strategi Industri Perjalanan Wisata Indonesia Datangkan 20 Juta Wisman - iNews
JAKARTA, iNews.id - Para pelaku industri perjalanan wisata yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) menyatakan siap mendukung Pemerintah. Terutama, dalam mencapai target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2020.
“ASITA siap mendukung program promosi Kementerian Pariwisata dalam meraih target kunjungan 20 juta wisman. Kami akan menggencarkan promosi paket-paket inbound untuk mendatangkan kunjungan wisman dari border tourism,” kata Ketua Umum ASITA Nunung Rusmiati saat acara Halal bi Halal 1440 H Keluarga Besar Asita dan Rembuk Nasional dengan tema
‘Tantangan Pencapaian Target 20 Juta Wisman di Tahun 2020’ yang dihadiri Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Balairung Soesilo Soedaman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar, Senin (1/7/2019).
Menpar Arief Yahya menyatakan, pemerintah menetapkan target kunjungan 20 juta wisman pada tahun depan dengan proyeksi perolehan devisa sebesar 18,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS).
Sementara untuk mencapai target 20 juta wisman dilakukan strategi super extra ordinary meliputi border tourism, tourism hub, dan low cost terminal. “Border tourism harus kita seriusi karena merupakan cara efektif untuk mendatangkan wisman dari negara tetangga,” kata Arief Yahya.
Menpar Arief Yahya menilai dengan mendatangkan wisman dari perbatasan melalui program cross border tourism dari negara tetangga relatif lebih mudah karena faktor kedekatan (proximity) secara geografis wisman. Program tersebut relatif lebih mudah, cepat, dan murah untuk bisa dilakukan di Indonesia.
Selain itu faktor kedekatan kultural/emosional, serta pertimbangan pasar yang sangat besar baik dari Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Papua Nugini, maupun Timor Leste sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia.
Nunung Rusmiati menjelaskan, pada rembuk nasional ASITA kali ini juga diusulkan rekomendasi kepada pemerintah terkait masalah harga tiket pesawat domestik. Harga tiket pesawat domestik sekarang ini, menurut Rusmiati, memang sudah relatif turun.
“ASITA menyarankan kepada pemerintah supaya ada sub classes walaupun jumlahnya tidak banyak. Pada periode arus mudik kemarin maskapai menaikkan harga di level TBA (Tingkat Batas Atas) tanpa ada subkelas harga. Kami minta pasca-lebaran ini maskapai dapat membuka subkelas harga,” katanya.
ASITA mencatat penurunan harga tiket pesawat domestik terakhir kali terjadi saat pemerintah menurunkan tarif batas atas sebesar 12-16 persen pada Mei 2019.
Ketika itu seluruh maskapai full service, medium service, dan low cost carrier (LCC) menurunkan harga. Adanya penurunan harga tersebut, diakui Rusmiati, membuat kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi pariwisata mulai meningkat.
Editor : Vien Dimyati
From "{Wisata}" - Google Berita
Demikianlah Artikel Strategi Industri Perjalanan Wisata Indonesia Datangkan 20 Juta Wisman - iNews
Anda sekarang membaca artikel Strategi Industri Perjalanan Wisata Indonesia Datangkan 20 Juta Wisman - iNews dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2019/07/strategi-industri-perjalanan-wisata.html
No comments: