Seo Services
Seo Services

Profil Hari Sabarno, Eks Mendagri Era Megawati yang Wafat Kemarin - detikNews

Profil Hari Sabarno, Eks Mendagri Era Megawati yang Wafat Kemarin - detikNews - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Profil Hari Sabarno, Eks Mendagri Era Megawati yang Wafat Kemarin - detikNews, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita teratas - Google Berita ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Profil Hari Sabarno, Eks Mendagri Era Megawati yang Wafat Kemarin - detikNews
link : Profil Hari Sabarno, Eks Mendagri Era Megawati yang Wafat Kemarin - detikNews

Baca juga


Profil Hari Sabarno, Eks Mendagri Era Megawati yang Wafat Kemarin - detikNews

Jakarta - Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Hari Sabarno tutup usia pada Jumat (31/5) kemarin. Pria yang lahir pada 12 Agustus 1944 silam ini mengawali karirnya di militer sebagai Komandan Peleton dan Kasi-2 Brigade Infantri di Kodam Brawijaya pada tahun 1968-1975.

Karir militernya semakin menanjak setelah ia dipromosikan menjabat Wakasospol dan Asospol Kasospol ABRI di Mabes ABRI, pada 1994-1995. Pada tahun 1995, Hari kemudian dipercaya mewakili ABRI di lembaga legislatif. Berkiprah di legislatif, Purnawirawan TNI itu terpilih menjadi Ketua Fraksi ABRI hingga Wakil Ketua MPR dari Fraksi TNI/Polri.

Usai berkiprah di MPR, pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah itu dipercaya mengemban jabatan penting di Kabinet Gotong Royong. Tahun 2001, Hari ditunjuk menjadi Menteri Dalam Negeri Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Pada tahun 2004, Hari kembali mendapat kepercayaan dari Megawati. Dia didapuk menjadi Menteri Koordinator Politik dan Keamanan ad-interim pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri pada tahun 2001. Hari kala itu menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengundurkan diri.

Namun, kiprah Hari bukannya tanpa cela. Purnawirawan TNI itu pernah menuai kontroversi akibat kenaikan pangkatnya sebagai jenderal berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 2004 yang dianggap melalui proses yang tidak transparan. Terlebih lagi, pengangkatan perwira lulusan Akademi Militer Magelang ini tidak melalui persetujuan Mabes TNI, melainkan didasari Putusan Presiden Nomor 6 Tahun 1990 yang sudah tidak berlaku.

Selain itu, selama berkiprah di kancah perpolitikan, Hari juga tercatat beberapa kali tersandung kasus korupsi. Pada tahun 2004-2005, dia terbukti terlibat kasus korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran pada 22 wilayah di Indonesia yang didalangi Hengky Samuel Daud dan mengakibatkan negara rugi miliaran rupiah saat menjadi Mendagri. Dalam kasus ini, Hari dijatuhi hukuman 2 tahun 6 bulan penjara dan pidana denda 150 ribu juta dengan subsider 3 bulan masa kurungan.
(mae/azr)

Let's block ads! (Why?)



Berita teratas - Google Berita


Demikianlah Artikel Profil Hari Sabarno, Eks Mendagri Era Megawati yang Wafat Kemarin - detikNews

Sekianlah artikel Profil Hari Sabarno, Eks Mendagri Era Megawati yang Wafat Kemarin - detikNews kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Profil Hari Sabarno, Eks Mendagri Era Megawati yang Wafat Kemarin - detikNews dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2019/05/profil-hari-sabarno-eks-mendagri-era.html
Profil Hari Sabarno, Eks Mendagri Era Megawati yang Wafat Kemarin - detikNews Profil Hari Sabarno, Eks Mendagri Era Megawati yang Wafat Kemarin - detikNews Reviewed by eela on May 31, 2019 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.