Seo Services
Seo Services

Bos Pertamina Buka-bukaan Sejarah Ada Rumah Warga Dekat Depo BBM Plumpang - detikFinance

Bos Pertamina Buka-bukaan Sejarah Ada Rumah Warga Dekat Depo BBM Plumpang - detikFinance - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bos Pertamina Buka-bukaan Sejarah Ada Rumah Warga Dekat Depo BBM Plumpang - detikFinance, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel populer - Google Berita ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Bos Pertamina Buka-bukaan Sejarah Ada Rumah Warga Dekat Depo BBM Plumpang - detikFinance
link : Bos Pertamina Buka-bukaan Sejarah Ada Rumah Warga Dekat Depo BBM Plumpang - detikFinance

Baca juga


Bos Pertamina Buka-bukaan Sejarah Ada Rumah Warga Dekat Depo BBM Plumpang - detikFinance

Jakarta -

Insiden kebakaran melanda Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang atau Depo BBM Plumpang, Jumat 3 Maret 2023. Per hari ini, tercatat 23 orang meninggal dunia akibat kebakaran pada Depo BBM yang dekat dengan permukiman itu.

Lantas, kenapa Depo BBM Plumpang bisa berada dekat dengan permukiman? Di hadapan Komisi VI DPR RI, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan sejarah berdirinya Depo BBM Plumpang.

"Jadi banyak sekali pertanyaan yang sampai kepada kami, yang mempertanyakan kenapa Pertamina membangun dan mengoperasikan terminal BBM di tengah warga yang sangat padat di tengah kota," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR, Selasa (14/3/2023).

Menurut Nicke awalnya Pertamina membeli lahan seluas 153 hektare dari PT MASTRACO senilai Rp 514 juta. Lahan tersebut dibeli pada tahun 1971.

Sekitar 72 hektare dibangun untuk area Depo Plumpang. Sementara 82 hektare sisanya masih kosong dan belum berpenghuni. Tahun 1976, dikeluarkan surat penetapan pemberian hak dari Mendagri untuk pembangunan instalasi minyak di lahan tersebut.

"Kami ingin menjelaskan tentang situasi dari Plumpang, yang tanahnya itu dibeli tahun 1971. Ini beberapa gambar yang kami ambil, jadi tahun 1972 masih di sekelilingnya adalah tanah kosong ada 82 hektare sekitar TBBM Plumpang ini," beber Nicke.

Masyarakat, menurut Nicke mulai mendekati area Depo Plumpang sekitar akhir tahun 1980. Rumah-rumah warga mulai menempeli dinding pembatas TBBM Plumpang hingga sekarang.

"Jadi kalau dilihat sebelumnya masyarakat mulai mendekat di akhir 1980-an. Dan di hari ini begitu padatnya sampai masyarakat atau rumah-rumah masyarakat nempel di dinding pembatas Terminal Plumpang," terang Nicke.

Nicke menerangkan, Depo Plumpang memasok BBM ke sekitar 790 SPBU di 19 kabupaten/kota di Indonesia. Depo Plumpang juga memasok kebutuhan Petrashop dan SPBU untuk nelayan.

Berdasarkan survei tahun 2017, tercatat ada sekitar 34.700 orang dengan jumlah KK 9.234 di sekitar Depo Plumpang. Jumlah tersebut, kata Nicke, pasti sudah bertambah tahun 2023.

(hns/hns)

Adblock test (Why?)



Artikel populer - Google Berita


Demikianlah Artikel Bos Pertamina Buka-bukaan Sejarah Ada Rumah Warga Dekat Depo BBM Plumpang - detikFinance

Sekianlah artikel Bos Pertamina Buka-bukaan Sejarah Ada Rumah Warga Dekat Depo BBM Plumpang - detikFinance kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Bos Pertamina Buka-bukaan Sejarah Ada Rumah Warga Dekat Depo BBM Plumpang - detikFinance dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2023/03/bos-pertamina-buka-bukaan-sejarah-ada.html
Bos Pertamina Buka-bukaan Sejarah Ada Rumah Warga Dekat Depo BBM Plumpang - detikFinance Bos Pertamina Buka-bukaan Sejarah Ada Rumah Warga Dekat Depo BBM Plumpang - detikFinance Reviewed by eela on March 14, 2023 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.