Seo Services
Seo Services

Ketika Pertanian Organik jadi Industri Kreatif Petani Muda | merdeka.com - merdeka.com

Ketika Pertanian Organik jadi Industri Kreatif Petani Muda | merdeka.com - merdeka.com - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ketika Pertanian Organik jadi Industri Kreatif Petani Muda | merdeka.com - merdeka.com, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Ketika Pertanian Organik jadi Industri Kreatif Petani Muda | merdeka.com - merdeka.com
link : Ketika Pertanian Organik jadi Industri Kreatif Petani Muda | merdeka.com - merdeka.com

Baca juga


Ketika Pertanian Organik jadi Industri Kreatif Petani Muda | merdeka.com - merdeka.com

July 04, 2020 at 10:44AM
Ketika Pertanian Organik jadi Industri Kreatif Petani Muda Lahan Pertanian di Desa Karangpetir Purbalingga. ©2020 Merdeka.com/Abdul Aziz

Merdeka.com - Satu ton lebih padi varietas Mentik Susu dipanen dari sawah seluas 4.200 meter persegi. Hasil panen itu peluh keringat dari sepuluh petani muda. Mereka rata-rata berusia 29 tahun.

Hampir dua tahun sudah, mereka menyewa lahan di Desa Karangpetir, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga. Para petani muda itu bercocok tanam menggunakan pupuk organik dan pestisida alami. Mereka menamakan diri Harvest Mind.

Pada mulanya, para petani muda ini bertemu dalam gerakan literasi di Purbalingga yakni Perpustakaan Jalanan. Mereka kerap berdiskusi soal konflik agraria. Sebagian di antara mereka terlibat menggalang gerakan solidaritas penyelesaian konflik agraria di sejumlah daerah.

Singkat cerita, kenyataan pahit para petani dan lahan pertanian yang kerap jadi korban pembangunan mengusik lubuk hati. Persoalan-persoalan itu lantas memantik untuk berpraktik langsung menjaga dan merawat pertanian sebagai gerakan anak muda kembali pada pertanian.

"Kami memulai di tahun 2019. Belajar sedikit demi sedikit lewat jejaring petani organik," kata Niki Sulaiman Akbar pada merdeka.com, Selasa (30/6).

Niki dan teman-temannya lantas membangun kolektif bernama Harvest Mind. Bekerja sama tanpa hierarki, empat orang terlibat langsung dalam pengolahan lahan secara organik. Sedangkan, enam orang lainnya berfokus pada desain kemasan serta promosi hasil pertanian dan kampanye lingkungan.

Di tahun pertama, mereka berhasil memanen 1,5 ton padi. Di tahun kedua, hasil produktivitas turun jadi 900 kilogram (kg). Pada Mei 2020, di tengah serbuan hama wereng, mereka berhasil memanen 1,3 ton padi.

1 dari 2 halaman

Kolaborasi dengan Komunitas Kreatif

Hasil panen itu, dipromosikan secara kreatif di media sosial dan dikemas secara menarik. Pada panen kedua semisal, Harvest Mind berkolaborasi dengan band Black Metal Bvrtan yang lirik-lirik lagunya kerap menceritakan budaya agraris, kehidupan dan penderitaan petani.

Daya jangkau konektivitas digital membuat produk Harvest Mind diminati banyak kalangan. Produk mereka menyebar ke Yogyakarta dan Jakarta.

"Kolaborasi dengan Bvrtan bentuknya desain kemasan 2 kg beras. Kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan komunitas-komunitas kreatif yang memiliki kepedulian pada lingkungan dan pertanian," kata Niki.

Gerakan Harvest Mind juga berjejaring dengan Koperasi Aliansi Organik Banyumas (AOB). Lewat jejaring ini para petani organik terhimpun untuk bertukar pengetahuan, pengalaman serta barter benih.

Ketua AOB, Dirto mengatakan kehadiran Harvest Mind membawa harapan bahwa pertanian ternyata tak ditinggalkan oleh anak-anak muda. Ia bahkan takjub, para petani muda di Harvest Mind menerapkan pertanian organik. Dia kagum karena praktik pemeliharaan serta perawatan pertanian organik lebih rumit. Serta hasil panen sangat berpotensi bisa drop sampai 50%.

"Saya bangga mereka tidak nanggung. Kehadiran Harvest Mind memantik anggota kami yang rata-rata berusia di atas 45 tahun lebih semangat lagi," kata Dirto.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Lini Maya

Gerakan untuk kembali bertani pada kalangan anak muda, bagi Dirto juga membuka pendekatan baru dalam penjualan hasil pertanian. Anak muda, singkatnya kata Dirto, membawa kreativitas dalam cara memasarkan produk. Mereka pandai memanfaatkan dunia maya.

Harvest Mind memang nampak memanfaatkan daya jelajah media digital sebagai jaringan serba terbuka. Menyebar luaskan gagasan untu bertani sembari berkampanye menjaga lingkungan semisal dipublikasikan lewat pembuatan podcast.

"Dengan podcast kami bisa menyebarluaskan pengalaman kami mengolah lahan ke khalayak lebih luas," kata Niki.

Media digital, sekaligus pula jadi lingkungan hidup baru publikasi produk pertanian, serta jembatan penghubung antara petani dengan para calon konsumen. Kreativitas itu, bersumber dari satu harapan, pentingnya menjaga ketahanan pangan dan mandiri secara ekonomi dengan bertani. [ray]

Baca juga:
Virtual Wedding, Bangkitkan Bisnis Pernikahan di Tengah Pandemi
Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Siap Terapkan Protokol Kenormalan Baru
Pemerintah Ajak Para Penulis Tetap Berkarya di Tengah Pandemi Corona
Sri Mulyani: Selamat Tinggal Glenn Fredly, Warisanmu Abadi Bagi Musik Indonesia

Let's block ads! (Why?)



Feed From"{pertanian}" - Google Berita


Demikianlah Artikel Ketika Pertanian Organik jadi Industri Kreatif Petani Muda | merdeka.com - merdeka.com

Sekianlah artikel Ketika Pertanian Organik jadi Industri Kreatif Petani Muda | merdeka.com - merdeka.com kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Ketika Pertanian Organik jadi Industri Kreatif Petani Muda | merdeka.com - merdeka.com dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2020/07/ketika-pertanian-organik-jadi-industri.html
Ketika Pertanian Organik jadi Industri Kreatif Petani Muda | merdeka.com - merdeka.com Ketika Pertanian Organik jadi Industri Kreatif Petani Muda | merdeka.com - merdeka.com Reviewed by eela on July 03, 2020 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.