Seo Services
Seo Services

Isu Tiongkok Berencana Bangun Fasilitas Militer di Indonesia, PKS: Perlu Diwaspadai

Isu Tiongkok Berencana Bangun Fasilitas Militer di Indonesia, PKS: Perlu Diwaspadai - Hallo pembaca Feed Digital Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Isu Tiongkok Berencana Bangun Fasilitas Militer di Indonesia, PKS: Perlu Diwaspadai, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Feed Media ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul postingan RSS Feed : Isu Tiongkok Berencana Bangun Fasilitas Militer di Indonesia, PKS: Perlu Diwaspadai
link : Isu Tiongkok Berencana Bangun Fasilitas Militer di Indonesia, PKS: Perlu Diwaspadai

Baca juga


Isu Tiongkok Berencana Bangun Fasilitas Militer di Indonesia, PKS: Perlu Diwaspadai

September 05, 2020 at 09:44AM Feed Digital:

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengungkapkan bahwa militer Tiongkok berusaha membangun jaringan logistik yang mencakup sebagian besar wilayah Samudera Hindia, termasuk di Indonesia.

Terkait hal itu, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKS Sukamta meminta informasi tersebut jangan ditelan mentah-mentah. Sukamta menilai perlu ada kajian mendalam terkait informasi itu. 

"Tentu kita tidak bisa menerima info tersebut mentah-mentah karena boleh jadi itu bagian dari pertarungan perebutan pengaruh antarnegara besar. Yang penting info tersebut perlu menjadi masukan bagi kita dan harus dikaji secara mendalam," ujar Sukamta, kepada Tribunnews.com, Sabtu (5/9/2020). 

Meski saat ini belum direalisasikan, Sukamta melihat setidaknya sudah ada kemauan atau niat dari Tiongkok terkait rencana pembangunan fasilitas militer tersebut.

Baca: Menlu Retno Tegaskan Indonesia Tak Akan Jadi Pangkalan Militer Negara Mana pun Termasuk China

Oleh karenanya, Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI itu meminta informasi yang ada ditindaklanjuti dan diwaspadai oleh pemerintah. 

"Info tersebut paling tidak memberi kita peringatan akan adanya agenda dan operasi dari negeri Tiongkok dan boleh jadi Amerika terhadap negeri-negeri yang disebut, terutama Indonesia. Ini yang harus diwaspadai," kata dia. 

Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri ini juga menambahkan bahwa semua pihak harus menjaga agar politik luar negeri Indonesia terjaga bebas aktif.

Dalam hal ini, kata Sukamta, pihaknya mengapresiasi sikap Kementerian Luar Negeri yang sangat tegas.

Ke depan, Sukamta meminta pemerintah terus konsisten agar tidak condong terhadap tarikan negara-negara besar.

"Supaya bisa terus menjaga sikap bebas aktif secara politik, maka pemerintah RI harus menjaga supaya secara ekonomi tetap mandiri tidak berhutang budi terhadap Tiongkok. Kalau hutang budi terlalu banyak pasti akan sulit menghadapi tekanan bila saatnya mereka menagih kepada Indonesia," tandasnya.

Let's block ads! (Why?)



Tribunnews.com


Demikianlah Artikel Isu Tiongkok Berencana Bangun Fasilitas Militer di Indonesia, PKS: Perlu Diwaspadai

Sekianlah artikel Isu Tiongkok Berencana Bangun Fasilitas Militer di Indonesia, PKS: Perlu Diwaspadai kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di RSS postingan selanjutnya.

Anda sekarang membaca artikel Isu Tiongkok Berencana Bangun Fasilitas Militer di Indonesia, PKS: Perlu Diwaspadai dengan alamat link https://subscribe-id.blogspot.com/2020/09/isu-tiongkok-berencana-bangun-fasilitas.html
Isu Tiongkok Berencana Bangun Fasilitas Militer di Indonesia, PKS: Perlu Diwaspadai Isu Tiongkok Berencana Bangun Fasilitas Militer di Indonesia, PKS: Perlu Diwaspadai Reviewed by eela on September 04, 2020 Rating: 5

No comments:

ads 728x90 B
Powered by Blogger.